Bagus Penerjemah Internasional

Monday, March 11, 2013

cara meng-upload file website ke hosting, cara membuat website, backling dengan teman


Bagaimana cara mengupload file website ke hosting? Jika kita ingin membuat website, pasti kita harus mengupload dulu file-file CMS yang ingin kita gunakan ke hosting. Misalnya website kita menggunakan CMS Joomla, maka kita harus mengupload file-file Joomla terlebih dulu. Sama juga jika ingin menggunakan WordPress.
Sekarang kita akan mulai mengulas cara mengupload file-file website ke hosting.
Bagi pengguna CMS WordPress bisa mendownload dulu filenya di wordpress.org. Dan bagi pengguna Joomla, bisa mendownload file Joomla di joomla.org. Setelah mendownload file yang diinginkan, lakukan ekstrak ke dalam komputer. Untuk pengguna WordPress mungkin tidak perlu mengekstrak ya, karena file WordPress tidak begitu besar ukurannya, dan kita bisa langsung mengupload file WordPress ini secara utuh (dalam bentuk .zip) ke hosting. Tetapi untuk Joomla, karena filenya begitu besar, maka kita harus mengekstrak dulu filenya dan menguploadnya satu per satu.
Untuk Joomla, setelah filenya diekstrak ke dalam komputer, kita akan dapatkan beberapa folder dan file. Folder-folder ini harus di-compress kembali ke dalam bentuk .zip. Begitu juga jika file yang ingin diupload terasa besar ukurannya dan susah untuk diupload (sering mengalami error), maka jalan satu-satunya adalah meng-compress dulu file tersebut menjadi bentuk .zip. Setelah itu kita baru mengupload-nya ke hosting.
Pertama kali login dulu ke cPanel hosting anda. Setelah itu lihat pada menu Files dan klik File Manager.
Cara mengupload file website ke hosting
Pada kotak dialog yang muncul (Directory Selection) centang Web Root (public_html/www) dan centang Show Hidden Files (dotfiles). Setelah itu tekan Go. Kita akan dibawa ke halaman public_html.
Untuk memulai upload, lihat pada menu di sebelah kiri atas. Di sana ada menu New File, New Folder, Copy, Move File, Upload, Download, dll. Kita pilih menu Upload seperti yang ada dalam gambar.
Cara upload file ke hosting
Tekan menu Upload dan kita akan dibawa ke kotak dialog untuk melakukan upload. Tekan Browse untuk memilih file-file yang tadi diekstrak dan di-compress di komputer. Setelah mengklik file, tekan Open dan tunggu hingga proses upload menandakan complete. Ulangilah pekerjaan mengupload file ini hingga semua file berpindah ke public_html.
Setelah semua file dan folder terupload, yang kita lakukan selanjutnya adalah mengekstrak kembali folder yang masih dalam bentuk .zip. Klik pada folder berbentuk .zip, lalu klik kanan dan tekan Extract. Lakukan ekstrak pada folder-folder .zip yang lain.
Nah, sampai di sini kita telah berhasil melakukan upload file-file website ke hosting.
Artikel berjudul Cara Mengupload File Website ke Hosting ini dilindungi DMCA. Anda tidak diperbolehkan menyalin dan mempublikasikan ulang tanpa mencantumkan sumber link artikel asli dan tidak diperbolehkan membuang semua link yang ada dalam artikel. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman anda:
C omments are closed.

No comments:

Post a Comment

Siap jadi pilihan anda, semoga terjalin kerjasama yang sehat dan solid


salam

Teguh